Header Ads

Seo Services

Penerapan Function Dalam Pemrograman Pascal

Penerapan Function Dalam Pemrograman Pascal - Assalamualaikum sahabat koding. Jika sebelumnya kita membahas tentang rumus procedure di pascal, jika anda belum melihatnya anda bisa klik disini. Pada artikel kali ini, saya akan membahas sekilas tentang apa itu pengertian function, gejala dan penyebab. hahah kirain penyakit pake gejala dan penyebab segala. Oke intinya mah ngebahas function we. 

Tanpa basa basi lagi. karena basi mah yang kemaren. hehehe. berikut ulasan mengenai penerapan function dalam pemrograman pascal, jreng jreng jreng...


Pengertian Fungsi Dalam Pascal

Pada intinya, fungsi hampir sama dengan procedur. Tapi ada perubahan sikit sikit lah dari procedure. Perbedaannya adalah bahwa fungsi memiliki tipe data sedangkan prosedur tidak memiliki tipe data. Artinya bahwa sebuah fungsi dapat mengembalikan nilai sesuai dengan tipenya ketika menerima panggilan. Asyikk..  lanjut ..

Pokok Pembahasan :

Berikut merupakan struktur penulisan fungsi :

FUNCTION  title;
(parameter input    : tipe; 
var parameter output  :tipe):  Tipe Fungsi 

Penjelasan :

Parameter adalah nama variabel yang dideklarasikan pada bagian header Fungsi. Parameter dibagi menjadi 2 yaitu parameter aktual dan formal.Parameter aktual  (argumen) adalah parameter yang disertakan pada   waktu pemanggilan Fungsi. Parameter formal adalah parameter yang dideklarasikan di dalam bagian   header Fungsi  itu sendiri.

Tentunya sebuah parameter juga memiliki aturan, sama halnya anda bikin aturan di dalam rumah tangga pertahanan anda.. hehehe. 

Aturan yang harus diperhatikan antara parameter aktual dan parameter formal:
  1. Jumlah parameter aktual pada pemanggilan Fungsi harus sama dengan jumlah parameter formal pada header Fungsinya.
  2. Tiap parameter aktual harus bertipe sama dengan tipe parameter  formal yang bersesuaian .

Variabel Dalam Fungsi

Masihkan anda ingat tentang variabel, oke jika anda lupa lagi saya akan membahasnya. Intinya sebuah variabel adalah wadah. Wadah untuk menampung nilai atau record. Misalkan anda mempunyai 2 buah kaleng. Contohnya kaleng biskuit lebaran (khong.....)  dan kaleng kerupuk. Tentunya anda membutuhkan wadah tersebut untuk record atau isinya. Jadi intinya variabel adalah wadahnya. 

variabel di dalam fungsi maupun procedure dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Variabel Global
    Adalah variabel  yang dapat dikenali oleh semua sub program dan program utama. Dideklarasikan di awal program .
  2. Variabel Lokal
    Adalah variabel yang hanya dapat dikenali oleh sub program yang mendeklarasikannya.
    Dideklarasikan di dalam sub program




No comments