Header Ads

Seo Services

Perulangan Dalam Turbo Pascal

Assalamualaiku.Wr.Wb.
Seperti halnya dengan kehidupan sehari hari, pasti kita pernah menemukan rutinitas yang biasa kita lakukan, seperti sekolah, makan, mandi, kerja ataupun hal yang lainnya. Begitu juga dengan perulangan dalam bahasa pemograman, salah satu hal yang memang menjadi kunci pemrograman adalah soal perulangan. Sama juga dengan fungsi jam. dimana jam terus menerus memutar pada anga 1 sampai 12 dan tidak akan berhenti, kecuali habis batrainya.. hehehe


Contoh sederhananya adalah ketika kita hendak membuat akun di sosial media seperti facebook, twitter atau instagram. Kita pasti melakukan prosedur demi prosedur untuk membuatnya, nah hal itu juga merupakan sebuat pengulangan dari server. contoh lainnya adalah ketika kita menginput misalnya data mahasiswa. Otomatis data mahasiswa lebih dari satu kan, dan hal tersebut bisa dilakukan dengan cara looping atau perulangan. 

SEKILAS TENTANG PENGULANGAN 

Pengulangan (loop) merupakan bentuk yang sering ditemui di dalam suatu program aplikasi. Dalam hampir setiap program yang kompleks mutlak memerlukan suatu perulangan dan percabangan. Tujuan perulangan disini adalah untuk mengulang statement atau blok statement berulang kali sesuai sejumlah yang ditentukan pemakai. Pengulangan dapat dilakukan sejumlah kali, atau sampai kondisi berhenti dan pengulangan tercapai. Di dalam bahasa Pascal, dikenal tiga macam perulangan, yaitu dengan menggunakan pernyataan For, While-Do, dan Repeat…Until.

1. Perulangan For..To..Do

Pengulangan yang pertama adalah dengan for, Pernyataan for adalah konstruksi pengulangan tanpa kondisi, artinya instruksi-instruksi di dalam badan pengulangan diulangi sejumlah kali yang di spesifikasikan oleh pemrogram. Dalam hal ini, jumlah pengulangan sudah diketahui sebelum konstruksi pengulangan eksekusi. Perulangan dengan pernyataan For digunakan untuk mengulang pernyataan atau satu blok pernyataan berulang kali sejumlah yang ditentukan. Jumlah pengulangan diketahui atau dapat ditentukan sebelum eksekusi. Untuk mencacah beberapa kali pengulangan dilakukan, diperlukan sebuah peubah (variable) pencacah (counter). Peubah ini nilainya selalu bertambah satu setiap kali pengulangan dilakukan. Jika cacah pengulangan sudah mencapai jumlah yang dispesifikasikan, maka proses pengulangan berhenti. Perulangan dengan pernyataan For dapat berbentuk perulangan positif, perulangan negatif dan perulangan tersarang.

Berikut merupakan contoh script pascalnya :

Program mencetak_turbo_pascal_sebanyak_3_kali;
Uses crt;
Var
   c : Integer;

Begin

   For c:= 1 to 5 Do   { mengulang c yang dimulai dari angka 1 sampai 5}
   begin                      { Memulai proses }
   Writeln(‘sedang belajar for’);  {jenis output/keluaran pada monitor}
   Readln;                  {Mencetaknya...}
   end;                        {Mengakhiri proses}

End.

2. Perulangan While

Pada struktur WHILE, aksi (atau runtunan aksi) akan dilaksanakan berulang kali selama kondisi bernilai true. Jika kondisi bernilai false, badan pengulangan tidak akan dilaksanakan, yang berarti pengulangan selesai. Yang harus diperhatikan adalah pengulangan harus berhenti. Pengulangan yang tidak pernah berhenti menandakan bahwa logika pemrograman tersebut salah. Pengulangan berhenti apabila kondisi bernilai false. Agar kondisi suatu saat bernilai false, maka di dalam badan pengulangan harus ada instruksi yang mengubah nilai variabel kondisi.

Berikut merupakan contoh script pascalnya :

Program perulangan_while;
Uses crt;
Var
  c:integer;
Begin
writeln('Program Perulangan dengan While');
readln; {mencetaknya..}
c:=1;
While c<= 10 do   {mengulang c yang diawali dengan nilai 1 sebanyak kurang dari samadengan 10}
   Begin 
   Writeln(i); c:=c+1; 
   readln; 
   End;

End. 


3. Perulangan Repeat

REPEAT...UNTIL berfungsi hampir sama dengan WHILE...DO. Pada REPEAT...UNTIL, looping akan berhenti justru ketika kondisi bernilai TRUE. Selain itu kondisi akan diuji pada akhir perulangan sehingga blok di dalam perulangan akan dijalankan minimal satu kali walaupun kondisi yang ada masih FALSE. Repeat – Until digunakan untuk mengulang statement-statemen atau blok statement sampai (Until) kondisi yang diseleksi di Until tidak terpenuhi.
 
Perbedaannya, pengulangan Repeat-Until dengan While-Do terletak pada letak pengecekan kondisi. Jika pada pernyataan While-Do kondisi dicek pada awal blok pernyataan yang harus diulang, sedangkan pada pernyataan Repeat Until, kondisi dicek pada akhir blok pernyataan yang harus diulang. Perbedaan yang lain, bila pernyataan while mengulang pernyataan selama kondisi masih terpenuhi, pernyataan repeat..until mengulang pernyataan selama kondisi belum terpenuhi. Bentuk umum penyataan repeat..until adalah sebagai berikut.


Program mencetak_angka_1_sampai_5;
Uses crt;
Var 
c : Integer;   {pendeklarasian variabel}
Begin 
   c:= 0;        {variabel c dimulai dengan angka 0}
  Repeat       {melakukan pengulangan }
  c:= c+1;     {dimana variabel c adalah c ditambah dengan 1}
 Writeln (c); {memanggil c untuk ditampilkan}
 readln;         {mencetaknya..}
Until c=5;    {proses akan berhenti jika c sama dengan 5}
End.             


Oke, pada pertemuan ke-4 ini, saya cukupkan sekian, mudah mudahan dapat bermanfaat dan membantu mengembangkan wawasan anda. Terimakasih dan Wassalamualaikum.Wr.Wb.

"Saya pernah mendengar kutipan dari seseorang, orang pintar cari pekerjaan mereka mendapatkannya, tapi orang bodoh sudah mencari kemana mana tapi mereka tidak mendapatkannya, lalu mereka pun membuat pekerjaannya sendiri. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang orang yang pintar yang menjadi pegawainya. Dan saya bertanya, siapakah yang memang beruntung pada hal seperti ini, dan mana orang yang mempunyai peluang sukses lebih besar. " Disza Jatnika

No comments