Header Ads

Seo Services

Jenis Percabangan Di Turbo Pascal

Assalamualaikum semuanya, kali ini kita masuk ke pembelajaran pascal selanjutnya, atau lebih tepatnya masuk ke pertemuan ke-3. Jika pada postingan sebelumnya kita membahas tentang dasar dasra pemrograman turbo pascal versi 7.1 atau anda bisa kunjungi link nya disini. Maka pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai jenis percabangan di turbo pascal.


Percabangan dalam dunia keseharian anda mungkin banyak sekali anda temukan, seperti contoh anda hendak berpergian ke suatu tempat misalkan ke kota A. Otomatis anda akan memilih jalan mana yang akan anda pilih, sedangkan banyak jalan jalan bercabang yang memang akan selalu anda temukan. Dalam kasus turbo pascal ini sama halnya dengan kasus diatas. Contohnya jika kita memasukkan nilai negatif maka akan muncul tulisan negatif, dan jika sebaliknya akan muncul kata positif. Oke tanpa basa basi lagi, berikut merupakan pembahasan mengenai jenis jenis percabangan dalam bahasa pascal. 

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai fungsi percabangan if dan juga switch case. Untuk selanjutnya, berikut ulasan selengkapnya :

JENIS JENIS PERCABANGAN DALAM TURBO PASCAL

Percabangan dalam pascal yang memang paling sering digunakan adalah percabangan if dan juga switch case, untuk selanjutnya, berikut ulasan selengkapnya :

Percabangan IF

Pernyataan IF digunakan untuk menangani percabangan atau memilih suatu statement, yang berdasarkan suatu syarat. Syarat ini harus terpenuhi jika akan melakukan penyeleksian yang diinginkan.

IF <Kondisi> Then
Pernyataan 1
Else
Pernyataan 2;

Dalam hal diatas berarti " jika kondisi saty terpenuhi maka akan memunculkan pernyataan satu, dan kata else disana bisa diartikan dengan kecuali atau berbeda dengan kondisi. Jika ketidakcocokan antara kondisi dengan inputan maka akan muncul pernyataan 2."

Statemen if diatas merupakan statement if tunggal, dimana hanya ada 1 if atau kondisi. Sedangkan if itu sendiri terdiri dari 2, yakni if tunggal atau satu, dan majemuk  atau lebih dari satu kondisi. Berikut merupakan contoh if majemuk :

IF <kondisi> Then
Begin
  Pernyataan 1;
  Pernyataan 2;
  Pernyataan 3;
  .............
End
Else If <syarat> then
Begin
  Pernyataan 4;
  Pernyataan 5;
  Pernyataan 6;
  ............
End
ElseBegin
  Pernyataan 7;
  Pernyataan 8;
  Pernyataan 9;
  ............
End;

Sama halnya dengan kondisi if tunggal, namun hal ini dapat dilakukan jika memungkinkan akan ada kondisi lain ketika dijalankan.
Contoh Logika :
Jika terdapat tiga pilihan antara bilangan negatif, positif dan real, maka kasus ini bisa dipecahkan dengan struktur if majemuk sebagai berikut.

Jika inputan sama dengan 0 maka hasilnya  REAL, jika inputan minus (negatif ) maka hasilnya negatif dan jika bukan real dan minus maka hasilnya positif. Jadi anda tidak perlu mendeklarasikan bahwa jika nilai lebih besar dari nol itu postitif, tetapi sistem akan otomatis mengindex dalam else jika berbeda dengan kondisi yang disebutkan.

Percabangan Switch Case

Struktur CASE-OF…ELSE merupakan pengembangan dari struktur CASE-OF dan juga merupakan pengembangan dari standar Pascal. Pada struktur CASE-OF bila tidak ada kondisi yang terpenuhi berarti tidak ada statemen di dalam lingkungan CASE-OF yang diproses. Dengan struktur CASE-OF…ELSE, bila tidak ada kondisi yang terpenuhi, maka statemen yang akan diproses dalam lingkungan CASE-OF adalah statemen yang ada di ELSE.Bemtuk umumnya:

Case  var_pilih  of  
Pilih1 : aksi1 ;    
Pilih2 : aksi2 ;    
……………. ;    
pilih-n : aksi-n ;
Else
Pernyataan;    
end;

Sama saja halnya dengan statemen if, namun dalam percabangan case ini hanya berbeda penempatannya, Berikut merupakan perbedaan if dan switch.


Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, mudah mudahan bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan hal hal lainnya. Terimakasih dan Sampai Jumpa.. Wassalamualaikum. Wr.Wb

"True dan False, begitu juga dengan hidup kita, setiap orang pasti punya pilihannya masing masing"
Disza Jatnika









No comments